Ekskul Silat

Penyaluran bakat dan minat dibidang olah raga beladiri di SMAN 32 Jakarta, salah satunya bernama Ekskul Silat 32. Eskul bela diri di sekolah ini, mengutamakan fisik dan teknik. Filosofi silat 32 mengedepankan etika, sikap dan kesopanan yang paling utama.

Eskul Silat SMAN 32 Jakarta sendiri muncul di tahun 2010 dan mulai resmi tahun 2011 yang mana saat itu silat 32 menang lomba kejuaraan. Pak Aria Susman sendiri selaku pembina sekaligus pelatih silat 32 menjelaskan eskul silat SMAN 32 Jakarta dulu dirintis karena menang kejuaraan dinas dan sejak itu silat 32 selalu meraih serta memborong kejuaraan atau event lainnya.

Sejarah terbesarnya ada di tahun 2016 yaitu Silat 32 menang juara nasional. Hingga kini, semboyan tak tertulis mereka adalah: “keluar sekolah, pulang bawa piala”. Bisa jadi karena prestasinya, Silat 32 digemari peserta didik. Menurut Yoga Pratama Kelas 10 IPS 1, “saya masuk silat biar bisa banggain orang tua dan bisa berprestasi”.

Sejak dulu hingga sekarang latihan silat 32 sangat intensif dan benar-benar serius yang jadi kuncinya. Seperti yang di jelaskan pak Aria, silat bukan tentang bela diri belaka tapi juga tentang tekad dan disiplin tak lupa juga harus ada attitude yang baik.

(Liputan titik32: Dafvi Zulfrizel Syaputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *