Mengawali Ujian Sekolah Kelas 12

Cuaca cerah, dan mentari menyembulkan cahayanya sambut peserta didik kelas 12 SMAN 32 Jakarta. Selama tiga tahun belajar, Ujian Sekolah (US) dapat disebut sebagai salah satu laga final. Persiapan sudah dirangkai sedemikian rupa, bukan hanya sekedar perencanaan, tetapi juga tindakan. Belajar di rumah, KBM di sekolah, pendalaman materi, dan ada juga dengan tambahan di Bimbel, semoga semuanya menjadi: bentuk kepercayaan diri bahwa US tidak lebih dari ujian harian yang biasa ditemui setiap satu atau dua kompetensi dasar dilalui. Percaya diri itu wajib bersemayam di diri setiap peserta didik, sehingga pencapaian prestasi dapat optimal. Namun demikian, prestasi bukan satu-satunya yang menjadi harapan, kejujuran juga harus dikedepankan. Hal demikian sesuai dengan tema atau semangat US tahun ini, yaitu “Prestasi itu Penting, Jujur adalah Utama”.

Setelah memperhatikan dengan seksama, maka kesiapan di sisi peserta didik tersebut, satu pararel dengan pihak panitia US. Titik terdekat persiapan begitu terlihat ketika barisan panitia memastikan soal di situs ujian online apakah sudah sesuai harapan atau belum, penempelan nomor ujian, setting ruangan berikut terminal kabel listrik, dan keadministratifan lainnya. Pagi hari, sebelum peserta didik masuk ruangan, panitia sudah menjamu pengawas dengan briefing pelaksanaan teknis US. Di bawah komando Ketua Pelaksana US, Ibu Sri Atun, semua berlangsung baik, dan permasalahan yang timbul dapat segera tertangani. “Insya Allah lancar”, tuturnya. Sementara itu, Ibu Sugiyanti selaku Kepala Sekolah dan Penanggung Jawab US, terlihat sumringah karena beliau paham, bahwa US merupakan kegiatan rutin sekolah, dan nyaris dapat dipastikan, semua akan berlangsung lancar dan tanpa ada permasalahan yang berarti.

Dengan kesiapan di pihak peserta didik, dan panitia (sekolah), US yang memasuki hari ke dua ini, terlihat tertib. Permasalahan sekitar teknis, tidak menjadi kendala berarti. Bravo 32 !

titik32: SA, 10-03-20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *