PMR 32 Gelar Donor Darah

Selasa 3 Maret 2020, sedari pagi hilir mudik peserta didik berslayer kuning hiasi selasar depan ruang Audio Visual SMAN 32 Jakarta. Adalah PMR yang memiliki hajat gelaran acara donor darah. Donor kali ini memiliki semboyan “Darahku, Darahmu, Darah Kita Semua”. Kegiatan diharapkan mampu meningkatkan kesehatan jantung dan membantu menyelamatkan nyawa seseorang.

Menurut penuturan panitia, inisiatif donor darah ini berasal dari ekskul PMR. Gelaran kali ini, sama dengan yang sebelumnya, bahwa ini sifatnya sukarela tanpa paksaan. Wow, Selasa lalu itu, memperoleh 59 kantung darah dari para pendonor darah. Ini membuktikan bahwa antusiasme siswa terhadap donor cukup tinggi. Untuk kesuksesan acara ini, panitia sudah mempersiapkannya selama 2 bulan-an, yaitu sejak Desember 2019. Pelaksana pendonoran darah berasal dari pihak petugas PMI, tentunya termasuk alat-alat donor darah serta konsumsi/asupan makanan untuk pendonor.

Seluruh kantung darah yang berjumlah 59 itu akan dikirimkan ke PMI Tangerang Selatan karena merekalah yang menjadi pelaksana proses donor darah. Sebagai info, darah yang diambil dari peserta didik adalah sebanyak 350 cc. Kriteria untuk menjadi pendonor di sekolah setidaknya berumur 17 tahun, tidak sedang meminum obat-obatan, tidak riwayat penyakit kronis, dan berat badan minimal 45 kg.

This image has an empty alt attribute; its file name is 62a4c4b7-4b96-407c-ac1a-0aada4ee4ad8-1030x579.jpg

Menurut Bu meirita selaku pembina PMR, yang kebetulan juga donor darah, menyatakan bahwa rasanya setelah donor sedikit pusing seperti kesemutan. Namun demikian, beliau bangga bisa donor darah karena bisa bantu orang yang membutuhkan. Semoga di gelaran berikutnya, PMR mampu menarik lebih banyak peminat. Bravo PMR 32 !,


Liputan Titik32: dafvi zulfrizel Syaputra, Selasa 3/2/2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *