English kembali digalakkan di SMAN 32 Jakarta

Dalam sebuah obrolan, terlontar kalimat perkenalan seperti ini: “this in my friend, he’s pretty good in english”. Sebuah kalimat yang menegaskan bahwa temannya itu pandai dalam berbahasa Inggris. Lanjutnya, sudah barang tentu dalam percakapan. Conversation atau percakapan menjadi salah satu tolok ukur primadona “keberhasilan” belajar Bahasa Inggris.

Senin pagi usai upacar bendera 21 Oktober 2019, bersama Waka. Kurikulum, Sujoko, dan rekan-rekan MGMP bahasa Inggris, mereka membicarakan tolok okur tersebut. Pembicaraan berlangsung hangat dan konstruktif.

Hasil pembicaraan senin pagi ini, kemudian diutarakan oleh guru Bahasa Inggris, Pak Aprizal, antara lain seperti dibawah ini:

Jam pelajaran bahasa Inggris dimaksimalkan selain meningkatkan kemampuan akademik sesuai silabus juga membuat para siswa bisa lancar berbahasa Inggris baik lisan maupun tulis. Sehingga, nanti SMAN 32 Jakarta punya keunggulan dibidang penguasaan bahasa Inggris dan menjadi pilihin bagi calon siswa yg ingin pintar bahasa Inggris. Caranya dimulai dr kelas X dengan siswa harus aktif berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Caranya dg meningkatkan sinergi semua guru bahasa Inggris dan memotivasi siswa dengan menampilkan siswa berpidato menggunakan bahasa Inggris setelah upacara bendera (hari senin-red).

Dengan demikian, masuklah rencana tersebut menjadi agenda guru. Tekad dan usaha kali ini, boleh jadi akan jauh lebih baik dari generasi guru sebelumnya. Semoga nantinya, membuahkan hasil yang terus tumbuh dan kembang. Amiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *