PROFIL HISTORY CLUB SMAN 32 JAKARTA

PROFIL HISTORY CLUB SMAN 32 JAKARTA

Kalau bicara tentang dunia sejarah pasti yang langsung terlintas dalam pikiran kita adalah menghafal nama-nama tokoh, benda-benda peninggalan, tempat-tempat bersejarah atau mengingat tahun dan peristiwa sejarah, hal-hal itulah terkadang membuat dunia sejarah nampak terkesan membosankan. Tapi History Club SMAN 32 Jakarta tampil berbeda untuk membuktikan bahwa dunia sejarah sesungguhnya sangat menarik dan menyenangkan.

Awal mulanya History Club SMAN 32 Jakarta (HC32) hanyalah sebuah komunitas yang berisikan para siswa yang menggemari buku dan cerita sejarah, kini status tersebut telah berubah menjadi kegiatan ekstra kurikuler sejak tahun ajaran 2020/2021. Menurut para anggotanya, sejarah bukan hanya cerita masa lampau. Sejarah dapat dianggap sebagai suatu contoh sebab-akibat dalam kehidupan. Itulah mengapa sejarah itu penting. Selain itu sejarah juga bukan ilmu yang terbatas pada sekat IPA-IPS saja. Sejarah sangat penting baik bagi para pembelajar IPA maupun IPS. Karena dengan sejarah, kita dapat mempelajari nilai-nilai baru dalam kehidupan.

History Club SMAN 32 Jakarta berdiri pada tanggal 21 November 2019, meskipun belum genap satu tahun namun HC32 telah diresmikan sebagai salah satu kegiatan ekstra kurikuler di lingkungan SMAN 32 Jakarta. Kegiatan kami meliputi book review, diskusi sejarah, nonton film sejarah, kunjungan museum, dan membuat konten digital sejarah. Saat ini melalui media sosial WAG (Whatsapp Group) dan Instagram di @historyclub32jkt seluruh kegiatan-kegiatan HC32 dilakukan dan didokumentasikan. Dengan bergabung dengan HC32 Kita akan mengenal sejarah yang lebih luas lagi, karena kita akan mendapatkan berbagai pengetahuan sejarah yang mungkin tidak diajarkan di kelas.

Kegiatan HC32 dilaksanakan tiap hari Kamis jam 15.30-17.00 di perpustakan, namun dikarenakan kondisi saat ini masih dalam bentuk Belajar Dari Rumah (BDR) maka kegiatan dilakukan dalam bentuk diskusi virtual melalui Google Meet dan diskusi melalui WAG dengan bimbingan dari pelatih yang berasal dari kakak alumni serta arahan dari Pak Andhika Restu (guru sejarah SMAN 32 Jakarta) sebagai pembina HC32.

Tujuan HC32 sendiri sederhana, yaitu meningkatkan minat baca serta kecintaan akan sejarah, karena dengan itu kita dapat mengambil teladan yang dapat kita implementasikan dalam kehidupan. Sejalan dengan tujuan kami, kami berharap masyarakat Indonesia akan sadar akan pentingnya literasi dalam kehidupan sehari-hari, sehingga terciptanya generasi yang dapat berpikir kritis dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Sejarah bukan hanya mempelajari masa lalu tapi juga masa kini dan masa depan. Kita dapat mempelajari kesalahan masa lampau untuk memperbaiki kehidupan masa depan, disinilah peran sejarah sebagai alat pembelajaran bagi umat manusia. Gemakan literasi luaskan wawasan diri, bersama HC32 kita tingkatkan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi dan kreativitas.

Silahkan bergabung dan buktikan sendiri belajar sejarah secara menyenangkan….

“Historia magistra vitae est”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *