1.4 Kepala Sekolah Sebagai  Supervisor (Penyelia)
Tugas Kepala Sekolah sebagai Supervisor meliputi menyusun  program supervisi,  melaksanakan program supervisi, dan  memanfaatkan hasil supervisi.
1.4.1    Menyusun Program Supervisi
Penyusunan program superpisi  mencakup penyususnan program supervisi kelas (KBM) dan BK,  program supervisi  kegiatan ekstra kurikuler, dan  supervisi kegiatan lainnya ( perpustakaan, laboratorium, ulangan, ebta/ebtanas, dan administrasi sekolah).

K o n t r o l :
Baik pengawas dari Pengurus YBHK,  maupun pengawas dari Depdiknas akan menilai kinereja Kepala Sekolah di dalam  menyususn program supervisi melalui ada tidaknya:

  • Program supervisi kelas (PBM) dan BK
  • Jadwal kegiatan supervisi PMB dan BK
  • Format supervisi PBM dan BK
  • Program supervisi kegiatan ekstra kurikuler
  • Jadwal kegiatan supervisi ekstra kurikuler
  • Format supervisi kegiatan  ekstra kurikuler
  • Program supervisi  perpustakaan, adm TU, laboratorium, dan lain-lain
  • Jadwal  kegiatan supervisi perpustakaan, adm TU, laboratorium, dll.
  • Ada format supervisi perpustakaan, adm TU, laboratorium, dll.

1.4.2    Melaksanakan Program Supervisi
Tugas Kepala Sekolah dalam melaksanakan program superpisi meliputi melaksanakan program supervisi kelas, supevisi dadakan, supervisi ekstrakurikuler.

K o n t r o l :
Baik pengawas dari Pengurus YBHK,  maupun pengawas dari Depdiknas akan menilai kinereja Kepala Sekolah di dalam  melaksanakan program supervisi melalui ada tidaknya:

  • Pelaksanaan program supervisi kelas
  • Catatan saran perbaikan
  • Pelaksanaan supervisi dadakan
  • Catatan saran perbaikan
  • Pelaksanaan supervisi kegiatan ekstrakurikuler
  • Catatan saran perbaikan

1.4.3    Memanfaatkan Hasil Supervisi
Tugas Kepala Sekolah di dalam memanfaatkan hasil supervisi meliputi pemanfaatan hasil supervisi untuk peningkatan kinerja guru / karyawan dan pemanfaatan  hasil supervisi untuk  pengembangan sekolah.

K o n t r o l :
Baik pengawas dari Pengurus YBHK,  maupun pengawas dari Depdiknas akan menilai kinereja Kepala Sekolah di dalam  memanfaatkan hasil  supervisi melalui ada tidaknya:

  • Bukti menganalisis supervisi dengan cermat yang dibahas dengan guru / karyawan
  • Catatan  pemanfaatan  hasil supervisi untuk guru / karyawan
  • Catatan pemanfaatan hasil supervisi untuk pengembangan sekolah