1.2    Kepala  Sekolah  Sebagai Manajer
Kepala Sekolah sebagai manager mempunyai tugas empat hal  penting yaitu  menyusun progran sekolah,  menyusun organisasi kepegawaian di Sekolah, menggerakkan staf (guru dan karyawan), dan  mengoptimalkan sumber daya sekolah.

1.2.1    Menyususn  Program  Sekolah
Tugas Kepala Sekolah di dalam Menyususn Program Sekolah meliputi program jangka panjang (delapan tahun atau dua periode Kepala Sekolah),  program jangka menengah (empat tahun), dan  program jangka pendek (satu tahun).  Baik program jangka panjang, menengah, maupun pendek meliputi  program akademik dan non akademik.   Selain itu,  Kepala Sekolah juga mempunyai mekanisme monitor dan evaluasi pelaksanaan program secara sistematika dan periodik.

K o n t r o l :
Baik Pengawas dari Pengurus YBHK,  maupun pengawas dari Depdiknas akan menilai kinereja Kepala Sekolah di dalam menyususn program sekolah   melalui ada tidaknya:

  • Program tertulis,  sasaran, dan  pentahapan yang jelas untuk jangka waktu 8 tahun.
  • Program tertulis,  sasaran, dan  pentahapan yang jelas untuk jangka waktu 4 tahun.
  • Program tertulis,  sasaran, dan  pentahapan yang jelas untuk jangka waktu 1 tahun.
  • Adanya mekanisme monitor dan evaluasi pelaksanaan program secara sistematika dan periodik.

1.2.2    Menyususn Organisasi Kepegawaian di Sekolah
Tugas Kepala Sekolah di dalam Menyususn Organisasi Kepegawaian di Sekolah meliputi susunan kepegawaian di Sekolah,  susunan kepegawaian pendukung  seperti pengelola perpustakaan, satpam,  pesuruh sekolah,  laboran,  petugas UKS, tukang, dan sebagainya.  Selain itu, Kepala Sekolah juga mesti menyususn kepanitiaan kegiatan temporer seperti panitia ulangan umum, ujian, rekoleksi, retret, perayaan paskah, perayaan natal, Bulan Kitab Suci, APP masa Prapaskah,  17 Agustus, Hardiknas, dan sebagainya.

K o n t r o l :
Baik Pengawas dari Pengurus YBHK,  maupun pengawas dari Depdiknas akan menilai kinereja Kepala Sekolah di dalam menyususn Organisasi Kepegawaian di Sekolah  melalui:

  • Adanya Struktur Organisasi Sekolah
  • Adanya uraian tugas yang jelas masing-masing pegawai di sekolah.
  • Tugas sesuai dengan latar belakang pendidikan dan kemampuan pegawai.
  • Ada struktur organisasi laboratorium, OSIS, pramuka, olah raga;  serta uraian tugas yang jelas dari mereka masing-masing sesuai dengan kemampuannya.
  • Adanya arsip susunan kepanitiaan ulangan umum, rekoleksi, retret, perayaan paskah, perayaan natal, Bulan Kitab Suci, APP masa Prapaskah,  17 Agustus, Hardiknas, dan sebagainya.  Setiap guru karyawan mendapat giliran.

1.2.3    Mengembangkan  Staf  ( Guru dan Karyawan )
Tugas Kepala Sekolah dalam mengembangkan Staf (guru dan  karyawan) meliputi pemberian arahan yang dinamis, pengkoordinasian staf yang sedang melaksanakan tugas, dan  memberikan penghargaan dan hukuman ( reward  and punishment ) terhadap guru / karyawan.

K o n t r o l :
Baik pengawas dari Pengurus YBHK,  maupun pengawas dari Depdiknas akan menilai kinereja Kepala Sekolah di dalam menggerakkan staf  (guru dan karyawan )  melalui ada tidaknya:

  • Catatan  hasil pembinaan / pemberian arahan kepada guru karyawan.
  • Catatan mengevaluasi kinerja tiap guru / karyawan. Rekap evaluasi kinerja tiap guru dikirim ke Biro Personalia setahun dua kali (setiap bulan Pebruari dan  Agustus).  Akan dibagikan format evaluasi  segi tiga (penilaian Kepala Sekolah, sesama guru, dan siswa / orang tua dalam bentuk disket.
  • Catatan hasil koordinasi guru dan karyawan.
  • Catatan pemberian penghargaan kepada guru / karyawan.
  • Catatan teguran, peringatan, atau hukuman  terhadap guru / karyawan.
  • Sebelum ada peringatan tertulis harus ada peringatan lisan.  Setiap peringatan tertulis harus ada tembusan ke Biro Personalia.  Bila seorang guru / karyawan mendapat peringatan tertulis sebanyak tiga kali dalam kurun waktu enam bulan maka, menurut peraturan yang berlaku yang bersangkutan dapat di PHK.

1.2.4    Mengoptimalkan  Sumber Daya  Sekolah
Tugas Kepala Sekolah di dalam mengoptimalkan Sumber Daya Sekolah meliputi pemanfaatan SDM dan sarana prasarana secara optimal. Merawat sarana prasarana milik sekolah / YBHK,  membuat catatan kinereja SDM yang ada di sekolah, dan mempunyai program peningkatan mutu SDM melalui proyeksi guru karyawan tiap Tahun Ajaran Baru yang dikirimkan kepada Biro Personalia.

K o n t r o l :
Baik pengawas dari Pengurus YBHK,  maupun pengawas dari Depdiknas akan menilai kinereja Kepala Sekolah di dalam mengoptimalkan Sumber Daya Sekolah  melalui:

  • Pembagian tugas setiap guru dan karyawan sesuai kemampuan dan latar belakang pendidikan masing-masing.
  • Memanfaatkan keahlian yang dimiliki oleh setiap guru / karyawan.
  • Memfungsikan semua sarana prasarana yang ada di sekolah.
  • Adanya kartu perbaikan / perawatan  barang-barang milik Sekolah / YBHK yang diisi dengan baik dan rapi.
  • Adanya catatan kinereja tiap unit kerja, tiap guru dan karyawan yang dianalisis.
  • Adanya program MGMP, rapat kerja, lokakarya,  seminar, pelatihan  guru dan karyawan.
  • Membuat system kontrol yang  kreatif dan inovatif