Penghargaan Green School, Creative & Healty untuk 32

Sore hari WA Grup SMAN 32 Jakarta “Serba-serbi 32”, berurai ucapan kegembiraan lantaran sekolah kami mendapatkan penghargaan. Info tersebut berasal dari Ibu Kepsek Sugiyanti, yang juga mengirimkan gambar (di atas) dan menuliskan:

Saya persembahkan penghargaan ini utk seluruh keluarga  besar ku, SMAN 32 Jakarta. Terima kasih kepada: 1.  tim work Ibu Linda beserta jajarannya karyawan TU dan tim kebersihan 2. Bpk Ibu wakil dan Staf, 3. Bapak Ibu Guru 5. Para peserta didik dan 6. Para orang tua.  Semoga makin bersemangat dalam menciptakan lingkungan bersih dan sehat.

Penghargaan yang diterima SMAN 32 Jakarta ini, merupakan wujud dukungan terhadap program Kasudin JS 1, Bp Joko Sugiarto, yaitu untuk menciptakan sekolah Hijau, Bersih, Kreatif, dan Berprestasi. Terkait dengan ini, Ibu Sugiyanti selaku Kepala SMAN 32 Jakarta, secara ringkas menguraikan kerja timnya hingga layak menerima penghargaan, sebagai berikut.

Sesuai dengan visi sekolah kami yaitu berwawasan lingkungan, Kami bersama seluruh pemangku kepentingan, para guru, karyawan, peserta didik dan para orang tua siswa terus berupaya menciptakan suasana dan tempat belajar yang nyaman dan menyenangkan.

Mengadakan penghijauan dengan penanaman berbagai jenis pohon, baik tanaman hias maupun tanaman produktif. Tidak hanya mengadakan juga merawat tanaman-tanaman tersebut dengan penyiraman dan pemupukan secara rutin, baik dilakukan oleh siswa maupun oleh tenaga kebersihan.

Selanjutnya utk menjaga kebersihan sekolah kami mengadakan program zero sampah. Maksudnya kita meminimalisir sampah sampah plastik yg sangat mengganggu lingkungan. Peserta didik,  guru, dan  karyawan tidak lagi membawa minuman dan makanana berkemasan plastik sekali pakai. Mereka membawa tumbler dan tempat makan dari rumah masing-masing. Peran petugas kantinpun sangat berpengaruh dengan tidak menggunakan plastik sebagai wadah makanannya. Disarankan piring dan gelas yg bisa dipakai berulang.

Selain itu lingkungan sekolah dari sudut sudut halaman sekolah, kelas, ruang ibadah, kamar mandi  dibersihkan srtiap hari pagi dan sore. Mendidik anak menjadi kreatif dan berprestasi di bidang akademis dan non-akademis terus ditingkatkan dengan program-program yg mengajak anak berpikir kritis dan kreatif. Sesuai dg visi sekolah menghasilkan lulusan unggul dalam prestasi. Program diarahkan pada pencapaian peningkatan nilai-nilai karakter siswa dan peningkakatan potensi akademik dan non-akademik.

Diakhir uraiannya, Ibu Kepsek menutup dengan kalimat visioner seperti berikut ini:

Pesan Peduli lingkungan, perilaku hidup sehat dan senang belajar bukan untuk berkompetisi, namun  haruslah menjadi habit dalam diri warga  SMAN 32 Jakarta. 

Sukses terus, bravo 32 !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *