Supervisi Program PKWU SMAN 32 Jakarta

Kami, SMAN 32 Jakarta, adalah salah satu sekolah yang memperoleh bantuan dari pemerintah untuk program PKWU (Prakarya dan Kewirausahaan). Program ini, disalah satu tujuannya untuk menyemarakkan jiwa entrepeneur di diri siswa. Guru diposisikan sebagai pendamping untuk kesuksesan tahapan, dari mengembangkan ide, belajar mewujudkan ide, hingga ke pemasarannya.

Setelah beberapa minggu berlalu, akhir Oktober 2019, Tim Supervisi ke SMAN 32 Jakarta untuk melihat sudah sejauh mana pelaksanaan program tersebut. Supervisi ini digelar selama 2 hari, 30-31 Oktober 2019. Supervisor terkait ialah Pak Kurniady Febry Saputra (Dit.PSMA), dan Pak Iwan Suyawan (SMAN 48 Jakarta).

Pada kesempatan hari pertama, Penanggungjawab Pelaksanaan PKWU SMAN 32 Jakarta, Pak Sujoko menyatakan bahwa “supervisi kegiatan Kewirausahaan Bantah (Bantuan Pemeritah) 2019 akan membuat Tim KWU SMAN 32 Jakarta dan KUS (Kelompok Usaha Siswa)-nya bertambah wawasan”. Lanjutnya: “juga untuk memberikan pemahaman berkenaan dengan Desain Thinking BMC (Bisnis Model Canvas) dan Bisnis Plan.

Di salah satu bagian supervisi ini, siswa yang terlibat dalam KUS diajak berdiskusi, bukan hanya melihat progressnya juga ingin menggali kemampuannya di bidang PKWU. Alhamdulillah, dari pemberkasan hingga pendadaran/wawancara, semua berlangsung baik.

Keesokan harinya, hari kedua (31 Oktober 2019), pemusatan ada di ruang Audio Visual (R.Avi) SMAN 32 Jakarta. Ibu Sugiyanti selaku Kepala Sekolah berharap kepada siswa, dalam sambutannya menyatakan: ” kegiatan ini, bukan hanya bisa memproduksi dan memasarkan produk, akan tetapi ruh entrepeneur bersemayam di dalam diri siswa”.

Segala tugas jika dilaksanakan serius dan bergotong-royong, hasilnya jauh lebih baik. Itu adalah simpulan kegiatan hari kedua. Bagaimana tidak, kelompok diskusi yang digelar dalam Rg. Avi, menghasilkan produk plan yang rasional, apliktif, dan menarik.

Rencananya, 22 Nopember 2019, SMAN 32 Jakarta akan mengundang pihak-pihak terkait untuk melihat dan menilai karya KUS SMAN 32 Jakarta. “Bakal jadi acara besar ini”, seloroh Pak Sujoko ketika ada yang bertanya ada acara apa di sekolah pada tanggal tersebut. Ayo 32, kamu bisa !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *